Gerhana Matahari Total Akan Lintasi Indonesia Pada 9 Maret 2016 dan kapan gerhana selanjutnya???

          Hai Sahabat Rudal RM Blog kali ini saya ingin memberikan pengetahuan nih pada 9 maret yang akan datang, yaitu gerhana matahari total. sebenarnya sih... saya sendiri juga tahu sebelum th 2016 bakal ada gerhana matahari total hehehe..... okelah mari kita bahas...

          Ada 12 provinsi di Indonesia yang bakal dilintasi jalur GMT 9 Maret 2016, provinsi-provinsi tersebut adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung. Selain itu, semua provinsi di Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara juga dilintasi. untuk lebih jelasnya lihatlah gambar berikut....

Persentase gerhana matahari sebagian dan jalur yang dilintasi GMT (gerhana matahari total)
 GMT akan berlangsung selama 1 sampai 3 menit pada tanggal 9 Maret 2016. Fenomena ini dapat disaksikan secara utuh di Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera. dan juga ada beberapa kota yang juga dapat menyaksikan peristiwa ini. Namun hanya gerhana matahari sebagian saja yang dapat terlihat. Beberapa kota tersebut adalah Jakarta, Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon.
Untuk daerah-daerah yang dilintasi dari 12 provinsi di atas adalah, Palembang (dengan durasi gerhana 1 menit 52 detik), Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik), Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

 Lalu Kapan Gerhana Selanjutnya???
Setelah gerhana Matahari total 9 Maret 2016 berlalu, kita tidak perlu menunggu waktu lama untuk kembali melihat gerhana Matahari. Pada 1 September 2016, Gerhana Matahari Sebagian akan terlihat di Indonesia. Sebenarnya ini adalah peristiwa Gerhana Matahari Cincin, namun Indonesia hanya kebagian Gerhana Matahari Sebagian. jalur lintasan yang dapat melihat Gerhana Matahari Cincin hanya melintasi Gabon, Madagaskar dan beberapa negara di Afrika Selatan. Peristiwa Gerhana Matahari Cincin ini hanya menyerempet wilayah Indonesia. Kita hanya bisa melihat sebagian kecil gerhana, itupun saat senja ketika Matahari siap terbenam, dan hanya terlihat di Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. (yang lainnya jangan iri ya!!)
Jangkauan Gerhana Matahari Cincin 1 September 2016


 Setelah itu Indonesia harus menunggu hingga tahun 2019 untuk kembali melihat peristiwa Gerhana Matahari. dan kali ini Gerhana Matahari Cincin. Gerhana Matahari Cincin ini akan terjadi pada tanggal 26 Desember 2019. Wilayah-wilayah Indonesia yang bisa mengamatinya adalah Pulau Nias, Padang Sidempuan, Pekanbaru, Tebingtinggi, Bangkalis, Batam, Tanjung Pinang, Singkawang, dan beberapa wilayah di Kalimantan Utara.(yang lainnya jangan iri, karena masih bisa melihat Gerhana Matahari Sebagian). Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini akan terjadi pada pagi hingga siang hari. Dimulai pada gigitan pertama Bulan terhadap Matahari pukul 09:29 WIB, lalu puncak gerhana cincin pukul 12:12 WIB, dan gerhana berakhir pukul 15:05 WIB
 
Daftar Yang Terkena GMC dan GMS

Lalu Kapan Gerhana Total Selanjutnya?
Jawabannya adalah pada 20 April 2023 Dan sayangnya, tetap tidak melintasi pulau terpadat penduduk di Indonesia; Jawa. Pulau Jawa hanya mendapat gerhana sebagian.

Gerhana Matahari 20 April 2023 juga tidak disebut total, melainkan Gerhana Hibrida. Apa itu gerhana hibrida? Gerhana Matahari hibrid atau hibrida didefinisikan sebagai gerhana Matahari cincin dan total yang terjadi pada satu waktu fenomena gerhana secara berurutan. Fenomena ini lain dari biasanya, di mana dalam satu fenomena gerhana, hanya ada satu macam Gerhana Matahari.

Bagaimana sesungguhnya gerhana Matahari hibrida bisa terjadi? Pada prinsipnya, gerhana Matahari hibrida bisa terjadi karena jarak antara Bulan dan Bumi yang bervariasi pada setiap titik wilayah Bumi. Sebab, perbedaan jarak adalah karena bentuk Bumi yang bulat serta orbit Bulan yang berbentuk elips, bukan lingkaran sempurna. Gerhana Matahari hibrida biasanya dimulai dengan fenomena gerhana Matahari cincin, diikuti dengan gerhana total dan kembali gerhana cincin.
Wilayah Indonesia yang bisa menyaksikan gerhana Matahari hibrida 20 April 2023 antara lain Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Biak. (yang lainnya hanya GMS saja)
 
Gerhana Matahari Hibrida Yang Melintasi Indonesia
 
jujur saja  sebenarnya daerah saya juga hanya mendapat GMS saja, dari semua gerhana tsb. saya hanya bisa melihat GMS dan salah satunya nggak bisa melihat Pada 1 September 2016. karena saya tinggal di Bojonegoro - Jatim - Indonesia (anda curhat ya mas.. hehehe)

Kunjungi terus blog kami di rudalrm.blogspot.com

☺☻Terimakasih Telah Berkunjung☻☺

29 Responses to "Gerhana Matahari Total Akan Lintasi Indonesia Pada 9 Maret 2016 dan kapan gerhana selanjutnya???"

  1. Wah daerah saya ssmarang enggak kena gerhana yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama sama gan... bisanya hanya GMS saja ☻☻☻

      Hapus
  2. Mantab tuh kalau difoto :D.
    Tqpi bahaya juga untuk mata katanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahayanya sih jika GMS gan, tapi jika sudah total boleh juga sih melihatnya. apa daerah agan terkena GMT atau GMC???

      Hapus
  3. Apa sih gan manfaat gerhana matahari itu?

    BalasHapus
  4. Sip ane mau liat menjelang hari pernikahan gue nih gan wkwkw pas banget momenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang tanggal pernikahannya kapan ya gan?? (kepo amat lo) ☺ ☺ ☺

      Hapus
  5. wah perlu bawa kacamata nih buat ngeliat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... kacamatanya yang hitam ya gan... buat mengurangi sinar matahari ( sok tau lo ) ☻ ☺ ☻

      Hapus
  6. keren gan informasinya. ane mau lihat juga nih gan

    BalasHapus
  7. subhanallah
    sungguh besar kekuasaan allah swt

    BalasHapus
  8. mantap infonya,, sayang sekali tetap besok saya tidak berani menyaksikan fenomena langka itu..

    BalasHapus
  9. Semoga besok bisa lihat ya sob, jadi pengalaman yang berkesan nih

    BalasHapus
  10. Gerhana matahari kali ini emang salah satu keistimewaan bagi Indonesia karena bisa menjadi saksi langsung, katanya negara lain gak kebagian malah

    BalasHapus

Welcome to Rudal RM Blog
tolong sob tata tertibnya diikuti
» Berkomentar dengan sopan
» Dilarang Spam Komentar
» Dilarang Berkomentar Yang Berbau Pornografi Atau Sebagainya
» Sobat Boleh Berkomentar Menyertakan Link Blog Sobat Asalkan Bukan Link Aktif
► Silahkan Bertanya Jika Kebingungan ,, Agar Tidak Tersesat Dijalan,, :)